Multimedia

Hasil gambar untuk materi multimedia
A.  Pengertian
Multimedia terdiri dari dua kata “multi” artinya banyak, dan “media” sesuatu yang dipakai untuk menyampaikan atau membawakan sesuatu. Multimedia dapat diartikan sebagai penggunaan beberapa media yang berbeda untuk menggabungkan dan menyampaikan informasi dalam bentuk text, audio, animasi dan videoMultimedia dapat diartikan penggunaan komputer untuk menyajikan dan menggabungkan teks, suara, gambar, animasi dan video dengan alat bantu (tool) dan koneksi (link) sehingga pengguna dapat bernavigasi, berinteraksi, berkarya dan berkomunikasi.
B.  Karakteristik
Multimedia dapat dilihat oleh orang di atas panggung, diproyeksikan, dikirimkan, atau dimainkan secara lokal dengan media player. Siaran mungkin merupakan rekaman atau presentasi multimedia langsung.
Siaran dan rekaman dapat berupa teknologi media elektronik analog ataupun digital. Digital multimedia online dapat didownload ataupun distreamingMultimedia streaming mungkin berupa siaran langsung ataupun on- demand/berdasarkan permintaan. Permainan dan simulasi multimedia dapat digunakan dalam lingkungan fisik dengan efek khusus, dengan beberapa pengguna dalam sebuah jaringan online, atau secara lokal dengan komputer offline, sistem game, ataupun simulator. Berbagai format teknologikal atau digital multimediamungkin dimaksudkan untuk meningkatkan pengalaman pengguna, misalnya untuk membuatnya lebih mudah dan lebih cepat untuk menyampaikan informasi. Atau dalam hiburan atau seni, untuk meningkatkan pengalaman sehari-hari.
C.  Sejarah
Sistem multimedia di mulai pada akhir 1980-an dengan di perkenalkannya hypercardoleh Apple pada tahun 1987 dan pengumuman oleh IBM pada tahun 1989 mengenai perangkat lunak audio visual (AVC) dan video adhapter card ps/2. Pada tahun 1994 di perkirakan ada lebih dari 700 produk dan sistem multimedia di pasaran dimana pemakaian ini dapat melihat gambar 3 dimensi, foto, video bergerak atau animasi dan mendengar suarastereo perekaman suara atau alat musik. Istilah multimedia berawal dari teater, bukan komputer. Pertunjukan yang memanfaatkan lebih dari satu medium seringkali disebut pertunjukan multimedia.
Sistem multimedia dimulai pada akhir 1980-an dengan diperkenalkannya Hypercardoleh Apple pada tahun 1987 dan pengumuman oleh IBM pada tahun 1989 mengenai perangkat lunak audio visual connection (AVC) dan video adhapter card ps/2
Pada tahun 1994 diperkerkirakan ada lebih dari 700 produk dan sistem multimediadipasaran. Multimedia memungkinkan pemakai komputer untuk mendapatkan output dalam bentuk yang jauh lebih kaya dari pada media table dan grafik konvensional. pemakai dapat melihat gambar tiga dimensi, foto, video bergerak atau animasi dan mendengar suara stereo, perekaman suara atau alat musik.
D.  Manfaat Multimedia di Bidang  Pendidikan:
a)      Multimedia membuat pelajar mengerti isi pelajaran
b)      Multimedia membuat siswa mengingat dengan mudah tentang isi pelajaran
c)      Multimedia menyampaikan isi pelajaran dengan canggih dan berkesan
d)     Multimedia mampu menjadi sumber pengetahuan
e)      Multimedia mampu mencari hubungan antara satu ilmu dengan ilmu lain
f)       Multimedia mampu menunjukkan dunia sekitar yang kaya dengan ilmu pengetahuan
g)      Multimedia kaya dengan berbagai aktivitas pembelajaran
h)      Multimedia mampu menghibur selama proses pembelajaran
i)        Multimedia membuat terjadinya interakti antara siswa dengan teknologi terkini
j)        Multimedia memberi peluang kepada guru untuk mengubah kaidah pengajaran.
E.   Manfaat multimedia di bidang  kesehatan
Mempermudah dokter atau perawat dalam memonitor komputer, aliran darah, memeriksa organ dalam pasien dengan sinar X (X-ray).
F.   Manfaat Multimedia di Bidang  Lainnya
Manfaat komputer dalam kehidupan sehari- hari sangat banyak dan sangat membantu, mempermudah mempecepat pekerjaan-pekerjaan manusia diantaranya adalah :
·         Bidang transportasi dengan komputer semua jadwal dan jalur penerbangan yangtransit di bandara bisa di program dan di jadwalkan di komputer
·         Bidang jasa pengiriman barang kantor POS bisa mengirimkan dokumen pengiriman barang dengan cepat dan akurat.
·         Bidang jasa percetakan koran, majalah buku-buku dapat di cetak dengan jumlah yang sangat banyak namun hanya memerlukan waktu yang singkat.
·         Bidang industri otomotif mobil-mobil di buat dari kerangka body, mesin, peralatan elektronik di pabrik dengan bantuan robot yang dikendalikan oleh komputer dengan leih akurat
·         Bidang jasa konstruksi dengan komputer para Insinyur dan Arsitek mendesain gambar konstruksi dengan pemodelan dan perhitungan yang akurat, cepat dan tepat.
·         Bidang industri perfilman semua efek-efek di dunia akting , animasi, dan pengambilan adegan film semua di rekam dengan perangkat elektronik yang dihubungkan dengan komputer. Animasinya juga di kembangkan mempergunakan animasi yang dibuat dengan aplikasi komputer.
G.    Jenis-Jenis
Multimedia terbagi menjadi dua kategori, yaitu 
  • Multimedia linier
Adalah suatu multimedia yang tidak dilengkapi dengan alat pengontrol apapun yang dapat dioperasikan oleh penguna. Contohnya: TV dan fillm
  •   Multimedia interaktif
Adalah suatu multimedia yang dilengkapi dengan alat pengontrol yang dapat dioperasikan oleh pengguna, sehingga pengguna dapat memilih apa yang dikehendaki untuk proses selanjutnya. Contohnya: multimedia interaktif adalah: multimediapembelajaran interaktif, aplikasi game, dan lain-lain. Sedangkan pembelajaran diartikan sebagai proses penciptaan lingkungan yang memungkinkan terjadinya proses belajar.
Share:
spacer

No comments:

Post a Comment