2 Tujuan PembelajaranMenjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen online.Memahami proses pengambilan keputusan pembelian konsumen secara online.Jelaskan bagaimana perusahaan membangun hubungan pribadi dengan pelanggan.Jelaskan bagaimana personalisasi dilakukan secara online.Diskusikan masalah e-loyalty dan e-trust dalam EC.Jelaskan penelitian pasar konsumen di EC.
3 Tujuan PembelajaranMenjelaskan pemasaran Internet dalam B2B, termasuk perilaku pembeli organisasi.Jelaskan tujuan iklan Web dan karakteristiknya.Jelaskan metode periklanan utama yang digunakan di Web.Jelaskan berbagai strategi periklanan online dan jenis promosi.Jelaskan pemasaran izin, manajemen iklan, pelokalan, dan masalah terkait iklan lainnya.Memahami peran agen cerdas dalam masalah konsumen dan aplikasi periklanan.
4 4.1 Belajar tentang Perilaku Konsumen Online
ModelVariabelPerilaku Konsumen Online(atau tidak terkendali)Onlinedapat dikategorikan sebagai karakteristik pribadi dan karakteristik lingkungan.Variabel intervensi (atau moderasi) adalah variabel dalam kontrol vendor.Mereka dibagi menjadi rangsangan pasar dan sistem ECProses pengambilan keputusan dipengaruhi oleh variabel independen dan intervensi.Proses ini berakhir dengan keputusan pembeli yang dihasilkan dari proses pengambilan keputusan. Variabel dependen menggambarkan jenis keputusan yang dibuat oleh pembeli (kontrol pembeli)
ModelVariabelPerilaku Konsumen Online(atau tidak terkendali)Onlinedapat dikategorikan sebagai karakteristik pribadi dan karakteristik lingkungan.Variabel intervensi (atau moderasi) adalah variabel dalam kontrol vendor.Mereka dibagi menjadi rangsangan pasar dan sistem ECProses pengambilan keputusan dipengaruhi oleh variabel independen dan intervensi.Proses ini berakhir dengan keputusan pembeli yang dihasilkan dari proses pengambilan keputusan. Variabel dependen menggambarkan jenis keputusan yang dibuat oleh pembeli (kontrol pembeli)
5 Variabel Independen Variabel dependen (Hasil) Intervening
Keputusan Pembeli,Beli atau tidak?Apa yang harus dibeli?Di mana (vendor)?Kapan?Berapa banyak yang dibelanjakan?VariabelDependen(Hasil)VariabelIntervening(dikendalikan olehvendor)
Keputusan Pembeli,Beli atau tidak?Apa yang harus dibeli?Di mana (vendor)?Kapan?Berapa banyak yang dibelanjakan?VariabelDependen(Hasil)VariabelIntervening(dikendalikan olehvendor)
6 Pameran 4.9 Model Perilaku Konsumen EC
KarakteristikPribadiKarakteristikLingkunganUsiaJenis KelaminEtnisitasPendidikanGaya HidupPengetahuanPsikologisNilai-nilaiKepribadianSosialBudaya / komunitasLain-lain: hukum, kelembagaan,pemerintahVariabelIndependenPasar StimuliProsesKeputusanKeputusan Pembeli(Kelompok atauIndividu)HargaPromosiMerekPromosiIklanKualitas produkDesainBeli atau tidak?Apa yang harus dibeli?Di mana (vendor)?Kapan?Berapa banyak yang dibelanjakan?VariabelIntervening(dikendalikan olehvendor)Sistem ECVariabelDependen(Hasil)DukunganLogistikDukunganTeknisLayananPelangganPembayaranPengirimandesaindan kontenwebAgencerdasKeamanan
KarakteristikPribadiKarakteristikLingkunganUsiaJenis KelaminEtnisitasPendidikanGaya HidupPengetahuanPsikologisNilai-nilaiKepribadianSosialBudaya / komunitasLain-lain: hukum, kelembagaan,pemerintahVariabelIndependenPasar StimuliProsesKeputusanKeputusan Pembeli(Kelompok atauIndividu)HargaPromosiMerekPromosiIklanKualitas produkDesainBeli atau tidak?Apa yang harus dibeli?Di mana (vendor)?Kapan?Berapa banyak yang dibelanjakan?VariabelIntervening(dikendalikan olehvendor)Sistem ECVariabelDependen(Hasil)DukunganLogistikDukunganTeknisLayananPelangganPembayaranPengirimandesaindan kontenwebAgencerdasKeamanan
7 Belajar tentang Perilaku Konsumen Online (lanjutan)
Variabel independenKarakteristik pribadi (variabel demografis)Usia, jenis kelaminEtnis, pendidikanGaya hidup, pengetahuanNilai, kepribadianVariabel lingkunganVariabelbudaya / variabel masyarakatKelembagaan, variabel pemerintahApa alasan yang paling banyak dikutip untuk tidak melakukan pembelian?(slide berikutnya)Variabel lingkungan Variabelsosial - anggota keluarga, teman, rekan kerja, komunitas Internet (mengobrol)Variabel budaya / komunitas - perbedaan di negara, lokasi (kota, kota, dll.)Kelembagaan, variabel pemerintah - peraturan pemerintah, kendala hukum, dan faktor situasionalN
Variabel independenKarakteristik pribadi (variabel demografis)Usia, jenis kelaminEtnis, pendidikanGaya hidup, pengetahuanNilai, kepribadianVariabel lingkunganVariabelbudaya / variabel masyarakatKelembagaan, variabel pemerintahApa alasan yang paling banyak dikutip untuk tidak melakukan pembelian?(slide berikutnya)Variabel lingkungan Variabelsosial - anggota keluarga, teman, rekan kerja, komunitas Internet (mengobrol)Variabel budaya / komunitas - perbedaan di negara, lokasi (kota, kota, dll.)Kelembagaan, variabel pemerintah - peraturan pemerintah, kendala hukum, dan faktor situasionalN
8 Mempelajari Perilaku Konsumen Online (lanjutan)
Variabelvariabelintervening (moderating)adalah variabel yang dapat dikontrol oleh vendor.Variabel dependen: keputusan pembelian yang dilakukanpelanggan membuat beberapa keputusan"untuk membeli atau tidak membeli?""Apa yang harus dibeli?""Di mana, kapan, dan berapa banyak untuk membeli?"Variabel intervensi (memoderasi)lingkungan offline: harga, brad, promosi, iklan, kualitaslingkungan fisik: tampilan di toko, dukungan logistik, dukungan teknis, layanan pelanggan.Lima tahap adopsi pembelian online:- kesadaran, minat, evaluasi, uji coba, dan adopsiN
Variabelvariabelintervening (moderating)adalah variabel yang dapat dikontrol oleh vendor.Variabel dependen: keputusan pembelian yang dilakukanpelanggan membuat beberapa keputusan"untuk membeli atau tidak membeli?""Apa yang harus dibeli?""Di mana, kapan, dan berapa banyak untuk membeli?"Variabel intervensi (memoderasi)lingkungan offline: harga, brad, promosi, iklan, kualitaslingkungan fisik: tampilan di toko, dukungan logistik, dukungan teknis, layanan pelanggan.Lima tahap adopsi pembelian online:- kesadaran, minat, evaluasi, uji coba, dan adopsiN
9 Apa alasan yang paling banyak dikutip untuk tidak melakukan pembelian?
(51%)Kesulitan dalam menilai kualitas produk (44%)Tidak dapat mengembalikan barang dengan mudah (32%)Masalah keamanan dan kredit (24%)Tidak dapat bertanya (23%)Terlalu lama untuk mengunduh layar (16%)Waktu pengiriman (15%)Nikmati belanja offline (10%)Biaya pengirimanMenurut Forrester Research, hanya 1,9% konsumen online yang benar-benar memiliki pengalaman yang tidak menyenangkan.Sangat menarik untuk dicatat bahwa semakin banyak pengalaman orang dengan belanja internet, semakin besar kemungkinan mereka untuk menghabiskan lebih banyak uang secara online.N
(51%)Kesulitan dalam menilai kualitas produk (44%)Tidak dapat mengembalikan barang dengan mudah (32%)Masalah keamanan dan kredit (24%)Tidak dapat bertanya (23%)Terlalu lama untuk mengunduh layar (16%)Waktu pengiriman (15%)Nikmati belanja offline (10%)Biaya pengirimanMenurut Forrester Research, hanya 1,9% konsumen online yang benar-benar memiliki pengalaman yang tidak menyenangkan.Sangat menarik untuk dicatat bahwa semakin banyak pengalaman orang dengan belanja internet, semakin besar kemungkinan mereka untuk menghabiskan lebih banyak uang secara online.N
10 Proses pengambilan keputusan
KecerdasanApakah ada masalah?DesainApa saja alternatifnya?Pilihanmana yang harus Anda pilih?ImplementasiApakah pilihannya berhasil?Sumber: Simon, H. Ilmu Baru tentang Keputusan Manajemen, Prentice Hall, 1977
KecerdasanApakah ada masalah?DesainApa saja alternatifnya?Pilihanmana yang harus Anda pilih?ImplementasiApakah pilihannya berhasil?Sumber: Simon, H. Ilmu Baru tentang Keputusan Manajemen, Prentice Hall, 1977
11 sintesis TUJUAN KOMPLEKSITAS Keputusan oleh Intuisi konflik Tujuan
AnalisisLogikapengorbananSasaran / SasaranTUJUANTeknologiSDMPemasaranKeuanganPengukuranSintesisAlternatifRekomendasi yang DiperbaikiKomunikasi yang LebihBaik Proses MapanAlternatif Keseluruhan Terbaik
AnalisisLogikapengorbananSasaran / SasaranTUJUANTeknologiSDMPemasaranKeuanganPengukuranSintesisAlternatifRekomendasi yang DiperbaikiKomunikasi yang LebihBaik Proses MapanAlternatif Keseluruhan Terbaik
12 4.2 Proses Pengambilan Keputusan Konsumen
Peran yang dimainkan orang dalam proses pengambilan keputusan.InisiatorInfluencerPenggunaPembeliPenentu.Model Pembelian-Keputusan Umum.Perlu identifikasi.Pencarian informasi.Evaluasi alternatif,Pembelian dan pengiriman.Perilaku pasca pembelian.
Peran yang dimainkan orang dalam proses pengambilan keputusan.InisiatorInfluencerPenggunaPembeliPenentu.Model Pembelian-Keputusan Umum.Perlu identifikasi.Pencarian informasi.Evaluasi alternatif,Pembelian dan pengiriman.Perilaku pasca pembelian.
14 Proses Pengambilan Keputusan Konsumen (lanjutan)
Apa?Dimana?Perantara produk: Memutuskan produk apa yang akan dibeliPerantara pedagang: Memutuskan dari siapa (dari pedagang apa) untuk membeli suatu produkIni adalah tahap kedua (2): pencarian informasi- katalog, iklan, promosi, dan kelompok referensi memengaruhi DMN
Apa?Dimana?Perantara produk: Memutuskan produk apa yang akan dibeliPerantara pedagang: Memutuskan dari siapa (dari pedagang apa) untuk membeli suatu produkIni adalah tahap kedua (2): pencarian informasi- katalog, iklan, promosi, dan kelompok referensi memengaruhi DMN
15 Proses Pengambilan Keputusan Konsumen
Model Keputusan Pelanggan dalam Pembelian WebDapat didukung oleh fasilitas Sistem Pendukung Keputusan Konsumen (CDSS) dan fasilitas Internet dan Web
Model Keputusan Pelanggan dalam Pembelian WebDapat didukung oleh fasilitas Sistem Pendukung Keputusan Konsumen (CDSS) dan fasilitas Internet dan Web
16 4.3 Pemasaran Massal, Segmentasi Pasar, dan Pemasaran Satu-ke-Satu
Pemasaran yang memperlakukan setiap pelanggan dengan cara yang unik.Pemasaran MassalUpaya pemasaran tradisional ditargetkan untuk semua orang.Pemasaran yang ditargetkan - upaya pemasaran dan periklanan yang ditargetkan ke grup (segmentasi pasar) atau ke individu (satu-ke-satu) - adalah pendekatan yang lebih baik
Pemasaran yang memperlakukan setiap pelanggan dengan cara yang unik.Pemasaran MassalUpaya pemasaran tradisional ditargetkan untuk semua orang.Pemasaran yang ditargetkan - upaya pemasaran dan periklanan yang ditargetkan ke grup (segmentasi pasar) atau ke individu (satu-ke-satu) - adalah pendekatan yang lebih baik
17 Pemasaran Massal, Segmentasi Pasar, dan Pemasaran Satu-ke-Satu
Proses membagi pasar konsumen menjadi kelompok logis untuk melakukan riset pemasaran dan menganalisis informasi pribadi
Proses membagi pasar konsumen menjadi kelompok logis untuk melakukan riset pemasaran dan menganalisis informasi pribadi
18 Pemasaran Massal, Segmentasi Pasar, dan Pemasaran Satu-ke-Satu
19 Rincian transaksi / Data Perilaku Dikumpulkan
Tampilan 4.4 Model Pemasaran Baru - Pemasaran Pribadi dan Personalisasi dalam EC[1]Pelanggan MenerimaPaparan Pemasaran[2]Pelanggan memutuskanmedia pemasaranuntuk responsPemasaran / PeriklananMemilihServerTerbaik/ Menjangkau ServerTerbaik/ Menjangkau Pelanggan“Empat P”(Produk) , Tempat,Harga, danPromosi)Diperbarui Uniknyakepada PelangganHubunganPelanggan[3]Pelanggan membuatkeputusan pembelian[4]Datatransaksi /PerilakurinciMengumpulkanProfil Pelanggan BerdasarkanPerilaku;Pembaruan Basis DataPelangganDikembangkan{...}Sumber: Linden, A. Pembaruan Manajemen: Tren Penambangan Data Yang Harus Diketahui Perusahaan, Gartner Group, 2002
Tampilan 4.4 Model Pemasaran Baru - Pemasaran Pribadi dan Personalisasi dalam EC[1]Pelanggan MenerimaPaparan Pemasaran[2]Pelanggan memutuskanmedia pemasaranuntuk responsPemasaran / PeriklananMemilihServerTerbaik/ Menjangkau ServerTerbaik/ Menjangkau Pelanggan“Empat P”(Produk) , Tempat,Harga, danPromosi)Diperbarui Uniknyakepada PelangganHubunganPelanggan[3]Pelanggan membuatkeputusan pembelian[4]Datatransaksi /PerilakurinciMengumpulkanProfil Pelanggan BerdasarkanPerilaku;Pembaruan Basis DataPelangganDikembangkan{...}Sumber: Linden, A. Pembaruan Manajemen: Tren Penambangan Data Yang Harus Diketahui Perusahaan, Gartner Group, 2002
20 4.4 Personalisasi, Loyalitas, Kepercayaan, dan Kepuasan dalam EC
Pencocokan layanan, produk, dan konten iklan dengan konsumen individu danprofil penggunapreferensi merekaPersyaratan, preferensi, perilaku, dan sifat-sifat demografis dari pelanggan tertentu
Pencocokan layanan, produk, dan konten iklan dengan konsumen individu danprofil penggunapreferensi merekaPersyaratan, preferensi, perilaku, dan sifat-sifat demografis dari pelanggan tertentu
21 Personalisasi dalam EC (lanjutan)
Strategi utama yang digunakan untuk mengkompilasi profil pengguna.Mengumpulkan informasi langsung dari pengguna.Mengamati apa yang dilakukan orang-orang terhadapcookieonline.Membangun dari pola pembelian sebelumnya.Melakukan riset pemasaran.Mengumpulkan informasi langsung dari pengguna- minta pengguna untuk mengisi kuesioner atau dengan melakukan wawancara dengan penggunaAmati apa yang dilakukan orang secara online- cookie (adalah salah satu masalah paling kontroversial dalam EC)- File data yang ditempatkan pada hard drive pengguna oleh server Web, seringkali tanpa pengungkapan atau persetujuan pengguna, yang mengumpulkan informasi tentang aktivitas pengguna di situsBangun dari pola pembelian sebelumnyaLakukan riset pemasaran- melalui teknik penambangan dataSetelah profil pelanggan dibuat, perusahaan mencocokkan profil dengan basis data produk, layanan, atau konten.Proses pencocokan yang sebenarnya biasanya dilakukan oleh agen perangkat lunak.Cookie:File data yang ditempatkan pada hard drive pengguna oleh server Web, seringkali tanpa pengungkapan atau persetujuan pengguna, yang mengumpulkan informasi tentang aktivitas pengguna di suatu situs.
Strategi utama yang digunakan untuk mengkompilasi profil pengguna.Mengumpulkan informasi langsung dari pengguna.Mengamati apa yang dilakukan orang-orang terhadapcookieonline.Membangun dari pola pembelian sebelumnya.Melakukan riset pemasaran.Mengumpulkan informasi langsung dari pengguna- minta pengguna untuk mengisi kuesioner atau dengan melakukan wawancara dengan penggunaAmati apa yang dilakukan orang secara online- cookie (adalah salah satu masalah paling kontroversial dalam EC)- File data yang ditempatkan pada hard drive pengguna oleh server Web, seringkali tanpa pengungkapan atau persetujuan pengguna, yang mengumpulkan informasi tentang aktivitas pengguna di situsBangun dari pola pembelian sebelumnyaLakukan riset pemasaran- melalui teknik penambangan dataSetelah profil pelanggan dibuat, perusahaan mencocokkan profil dengan basis data produk, layanan, atau konten.Proses pencocokan yang sebenarnya biasanya dilakukan oleh agen perangkat lunak.Cookie:File data yang ditempatkan pada hard drive pengguna oleh server Web, seringkali tanpa pengungkapan atau persetujuan pengguna, yang mengumpulkan informasi tentang aktivitas pengguna di suatu situs.
22 Loyalitas Pelanggan dalam EC (lanjutan)
Loyalitas pelanggan: Tingkat di mana pelanggan akan tinggal dengan vendor atau merek tertentu.Loyalitas pelanggan yang meningkat menghasilkan penghematan biaya melalui:biaya pemasaran yanglebih rendah, biaya transaksi yanglebih rendah,biayapergantian pelanggan yanglebih rendah, biaya kegagalanE-loyalitas: loyalitas pelanggan kepada e-tailertujuan utama 1-1 pemasaran adalah untuk meningkatkan loyalitas pelanggan.Biaya perusahaan antara lima hingga delapan kali lebih banyak untuk mendapatkan pelanggan baru daripada mempertahankan yang sudah ada.E-tailer: a) mendapatkan pelanggan baru:> = $ 100 (Amazon.com> = $ 15) b) mempertahankan pelanggan yang sudah ada (Amazon.com $ 2 - $ 4)Diskusikan dengan model Porter (biaya pengalihan dan lainnya)tujuan perusahaan mana pun adalah untuk meningkatkan loyalitas pelanggan dan Web menawarkan banyak peluang untuk meningkatkan loyalitas.
Loyalitas pelanggan: Tingkat di mana pelanggan akan tinggal dengan vendor atau merek tertentu.Loyalitas pelanggan yang meningkat menghasilkan penghematan biaya melalui:biaya pemasaran yanglebih rendah, biaya transaksi yanglebih rendah,biayapergantian pelanggan yanglebih rendah, biaya kegagalanE-loyalitas: loyalitas pelanggan kepada e-tailertujuan utama 1-1 pemasaran adalah untuk meningkatkan loyalitas pelanggan.Biaya perusahaan antara lima hingga delapan kali lebih banyak untuk mendapatkan pelanggan baru daripada mempertahankan yang sudah ada.E-tailer: a) mendapatkan pelanggan baru:> = $ 100 (Amazon.com> = $ 15) b) mempertahankan pelanggan yang sudah ada (Amazon.com $ 2 - $ 4)Diskusikan dengan model Porter (biaya pengalihan dan lainnya)tujuan perusahaan mana pun adalah untuk meningkatkan loyalitas pelanggan dan Web menawarkan banyak peluang untuk meningkatkan loyalitas.
23 Personalisasi, Loyalitas, Kepercayaan, dan Kepuasan dalam EC
24 Percaya pada EC (lanjutan) Percaya pada EC
Kepercayaan: Status psikologis pihak yang terlibat yang bersedia untuk melanjutkan interaksi lebih lanjut untuk mencapai tujuan yang direncanakanKepercayaan dipengaruhi oleh banyak variabelBudayalingkungan komputasi EC (keamanan dll.)Infrastruktur ECKepercayaan pada khususnya penting dalam transaksi EC global karena kesulitan dalam mengambil tindakan hukum dalam kasus perselisihan atau penipuan dan potensi konflik yang disebabkan oleh perbedaan budaya dan lingkungan bisnis.
Kepercayaan: Status psikologis pihak yang terlibat yang bersedia untuk melanjutkan interaksi lebih lanjut untuk mencapai tujuan yang direncanakanKepercayaan dipengaruhi oleh banyak variabelBudayalingkungan komputasi EC (keamanan dll.)Infrastruktur ECKepercayaan pada khususnya penting dalam transaksi EC global karena kesulitan dalam mengambil tindakan hukum dalam kasus perselisihan atau penipuan dan potensi konflik yang disebabkan oleh perbedaan budaya dan lingkungan bisnis.
25 Model Kepercayaan Awal Disposisi Kepercayaan untuk Mempercayai Proses Kognitif
Kecenderungan untuk MempercayaiProsesKognitifKetidaksamaanDemografisKepercayaanKepercayaan Kepercayaan KepercayaanCatatan: Barang tebal dimasukkan dalam Model Perwalian Awal McKnight et al. (1998).Item yang dicetak miring adalah konstruk yang diuji dalam penelitian ini.Keadilan ProseduralTrustberbasis Lembaga
Kecenderungan untuk MempercayaiProsesKognitifKetidaksamaanDemografisKepercayaanKepercayaan Kepercayaan KepercayaanCatatan: Barang tebal dimasukkan dalam Model Perwalian Awal McKnight et al. (1998).Item yang dicetak miring adalah konstruk yang diuji dalam penelitian ini.Keadilan ProseduralTrustberbasis Lembaga
26 Pemasaran Satu-Satu dan Personalisasi di EC (lanjutan)
Cara meningkatkan kepercayaan ECAfiliasi dengan pihak ketiga yang obyektifMembangun kepercayaanantara pembeli dan penjual, kepercayaan ditentukan oleh:tingkat keberhasilan awal yang dialami masing-masing pihak dengan EC dan denganperan dan prosedurmasing-masing yangdidefinisikandenganbaik untuk semua pihak yang terlibatharapan realistis untuk hasil dari EC
Cara meningkatkan kepercayaan ECAfiliasi dengan pihak ketiga yang obyektifMembangun kepercayaanantara pembeli dan penjual, kepercayaan ditentukan oleh:tingkat keberhasilan awal yang dialami masing-masing pihak dengan EC dan denganperan dan prosedurmasing-masing yangdidefinisikandenganbaik untuk semua pihak yang terlibatharapan realistis untuk hasil dari EC
27 Pameran 4.6 Model Kepercayaan EC
Sertifikat kepercayaan, segelEvaluasi vendor (BBB) Evaluasi produkSampel gratisKebijakanpengembalianPernyataan privasiCo-branding, aliansiUpaya pendidikan oleh vendor yangmenekankan penggunaan keamanan,ukuran dan sumber daya keuanganKesederhanaanNavigasibelanja, desain webPenjualPercaya padapedaganginternetKompetensiEC TrustBenevolenceKepercayaan pada internetsebagaisaluranbelanjaKeandalan DapatDipahamiKepercayaan dalamlingkunganbisnisdan peraturanKeamanan / pembayaranBudaya bisnisPerlindungan konsumenHukum yang efektifDemografi, pengalaman sebelumnya,kepribadian, perbedaan budaya.Kisah sukses rekan.ReferensiSumber: Lee, Matthew KQ dan E. Turban, “ Model Kepercayaan untuk Belanja Internet Konsumen, ”Vol.6 (1), ME Sharpe, Inc., 2001
Sertifikat kepercayaan, segelEvaluasi vendor (BBB) Evaluasi produkSampel gratisKebijakanpengembalianPernyataan privasiCo-branding, aliansiUpaya pendidikan oleh vendor yangmenekankan penggunaan keamanan,ukuran dan sumber daya keuanganKesederhanaanNavigasibelanja, desain webPenjualPercaya padapedaganginternetKompetensiEC TrustBenevolenceKepercayaan pada internetsebagaisaluranbelanjaKeandalan DapatDipahamiKepercayaan dalamlingkunganbisnisdan peraturanKeamanan / pembayaranBudaya bisnisPerlindungan konsumenHukum yang efektifDemografi, pengalaman sebelumnya,kepribadian, perbedaan budaya.Kisah sukses rekan.ReferensiSumber: Lee, Matthew KQ dan E. Turban, “ Model Kepercayaan untuk Belanja Internet Konsumen, ”Vol.6 (1), ME Sharpe, Inc., 2001
28 BREAK-1Kasus Aplikasi 4.1: Penelitian Pasar Internet Mempercepat Waktu-Ke-Pasar di Proctor & Gamble (hal.172)
29 Riset Pasar untuk EC (lanjutan)
Keterbatasan penelitian pasar onlineterlalu banyak data mungkin tersedia: perlu intelijen bisnis untuk mengatur, mengedit, memadatkan, dan meringkasnyaakurasi tanggapan yanghilang dari responden karena masalah peralatan,etika dan legalitas pelacakan Web. Pembelionline cenderung kaya, bekerja, dan berpendidikan rendah. Kurangnya pemahaman yang jelas tentang proses komunikasi online dan bagaimana responden online berpikir dan berinteraksi di dunia maya.Kecerdasan bisnis - solusi / proses untuk mengotomatisasi proses dengan menggunakan pergudangan data dan penambangan data.Masalah penting lainnya menyangkut 1) kurangnya pemahaman yang jelas tentang proses komunikasi online dan 2) bagaimana responden online berpikir dan berinteraksi di dunia maya.Survei berbasis web biasanya memiliki tingkat respons yang lebih rendah daripada survei, dan tidak ada kontrol responden untuk survei publik.Responden anonim: 1) lebih jujur dalam pendapat mereka, 2) kehilangan informasi berharga tentang demografi dan karakteristik, 3) keamanan informasi yang dikirimkanTren masa depan: 50% dari semua penelitian pasar akan dilakukan di Internet.Pelanggan telepon nasional akan menjadi subjek cerita rakyat metodologi penelitian dalam 10 tahun (atau 20 tahun).Bagaimana mengatasi masalah ini - outsourcing kebutuhan riset pasarnya.
Keterbatasan penelitian pasar onlineterlalu banyak data mungkin tersedia: perlu intelijen bisnis untuk mengatur, mengedit, memadatkan, dan meringkasnyaakurasi tanggapan yanghilang dari responden karena masalah peralatan,etika dan legalitas pelacakan Web. Pembelionline cenderung kaya, bekerja, dan berpendidikan rendah. Kurangnya pemahaman yang jelas tentang proses komunikasi online dan bagaimana responden online berpikir dan berinteraksi di dunia maya.Kecerdasan bisnis - solusi / proses untuk mengotomatisasi proses dengan menggunakan pergudangan data dan penambangan data.Masalah penting lainnya menyangkut 1) kurangnya pemahaman yang jelas tentang proses komunikasi online dan 2) bagaimana responden online berpikir dan berinteraksi di dunia maya.Survei berbasis web biasanya memiliki tingkat respons yang lebih rendah daripada survei, dan tidak ada kontrol responden untuk survei publik.Responden anonim: 1) lebih jujur dalam pendapat mereka, 2) kehilangan informasi berharga tentang demografi dan karakteristik, 3) keamanan informasi yang dikirimkanTren masa depan: 50% dari semua penelitian pasar akan dilakukan di Internet.Pelanggan telepon nasional akan menjadi subjek cerita rakyat metodologi penelitian dalam 10 tahun (atau 20 tahun).Bagaimana mengatasi masalah ini - outsourcing kebutuhan riset pasarnya.
30 4.5 Riset Pasar untuk ECTujuan dari riset pasar adalah untuk menemukan informasi dan pengetahuan yang menggambarkan hubungan antara:metode pemasaranprodukkonsumenpemasar
31 Riset Pasar untuk EC Tujuan riset pemasaran adalah untuk: Bagaimana?
temukan peluang dan masalahpemasaran membuat rencana pemasaranlebih memahami proses pembelianmengevaluasi kinerja pemasaranmengembangkan strategi periklananBagaimana?Di WEB, tujuannya adalah untuk mengubah browser menjadi pembeli.Riset pasar mencakup pengumpulan informasi tentang topik-topik seperti ekonomi, industri, perusahaan, produk, harga, distribusi, persaingan, promosi, dan perilaku pembelian konsumen.Bagaimana?surveyor- kuesioner, telepon, surat langsung,- kelompok fokus (individu tertentu)Alat riset pasar,pemodelandata, pergudangan data (data mining)
temukan peluang dan masalahpemasaran membuat rencana pemasaranlebih memahami proses pembelianmengevaluasi kinerja pemasaranmengembangkan strategi periklananBagaimana?Di WEB, tujuannya adalah untuk mengubah browser menjadi pembeli.Riset pasar mencakup pengumpulan informasi tentang topik-topik seperti ekonomi, industri, perusahaan, produk, harga, distribusi, persaingan, promosi, dan perilaku pembelian konsumen.Bagaimana?surveyor- kuesioner, telepon, surat langsung,- kelompok fokus (individu tertentu)Alat riset pasar,pemodelandata, pergudangan data (data mining)
32 Riset Pasar untuk ECApa yang dicari pemasar dalam riset pasar EC?Apa pola pembelian untuk individu dan kelompok (segmentasi pasar)?Faktor apa yang mendorong pembelian online?Bagaimana kita bisa mengidentifikasi mereka yang benar-benar pembeli dari mereka yang hanya menjelajah?Bagaimana cara individu menavigasi — apakah konsumen memeriksa informasi terlebih dahulu atau apakah mereka langsung memesan?Apa desain halaman Web yang optimal?Faktor utama yang digunakan untuk prediksi adalah: informasi produk yang diminta, jumlah terkait, jumlah pesanan yang dibuat, produk / jasa apa yang dipesan, dan gender.Pertanyaan umum yang coba dijawab oleh riset pasar online adalah:Apa pola pembelian untuk individu dan kelompok (segmentasi)?Faktor apa yang mendorong pembelian online?Bagaimana kita bisa mengidentifikasi mereka yang benar-benar pembeli dari mereka yang hanya menjelajah?Bagaimana cara individu menavigasi - memeriksa informasi terlebih dahulu atau langsung memesanApa desain halaman Web yang optimal?Riset pasar online memberi organisasi pemasaran kemampuan yang lebih besar untuk memahami pelanggan, pasar, dan pesaing.Ini dapat mengidentifikasi perubahan awal dalam tren produk dan pelanggan, memungkinkan pemasar untuk mengidentifikasi produk dan peluang pemasaran dan untuk mengembangkan produk yang benar-benar ingin dibeli oleh pelanggan.
33 Riset Pasar untuk EC
34 Riset Pasar untuk Metode EC untuk Melakukan Riset Pasar Online
Riset pasar yang sering menggunakan Internet lebih cepat dan lebih efisien dan memungkinkan peneliti mengakses audiens yang lebih beragam secara geografis. Parapeneliti pasar web dapat melakukan penelitian yang sangat besar jauh lebih murah daripada dengan metode lain.
Riset pasar yang sering menggunakan Internet lebih cepat dan lebih efisien dan memungkinkan peneliti mengakses audiens yang lebih beragam secara geografis. Parapeneliti pasar web dapat melakukan penelitian yang sangat besar jauh lebih murah daripada dengan metode lain.
35 Riset Pasar untuk EC Riset pasar untuk pendekatan satu-ke-satu
Permintaan informasi langsung (survei, kelompok fokus)Mengamati apa yang pelanggan lakukan dipemfilteran KolaboratifWeb
Permintaan informasi langsung (survei, kelompok fokus)Mengamati apa yang pelanggan lakukan dipemfilteran KolaboratifWeb
36 Riset Pasar untuk EC
37 Riset Pasar untuk log transaksi Pelanggan yang Mengamati EC
Catatan aktivitas pengguna di situs web perusahaan,perilaku clickstreamGerakan pelanggan di InternetBug webTiny file grafis yang tertanam dalam pesan dan di situs Web yang mengirimkan informasi tentang pengguna dan gerakan mereka ke server WebspywareSoftware yang mengumpulkan informasi pengguna melalui Internet koneksi tanpa sepengetahuan penggunaMetode penelitian daring berkisar dari 1-1 komunikasi dengan pelanggan tertentu () hingga grup fokus dimoderasi yang dilakukan di ruang obrolan hingga kuesioner.Menurut survei oleh GIT, lebih dari 40% informasi yang diberikan orang pada kuesioner semacam itu tidak benar.Oleh karena itu, desain kuesioner Web yang tepat dan insentif untuk penyelesaian yang benar sangat penting untuk validitas hasil.Kelompok fokus online - mungkin mahal dan memperlambatskenario Pelanggan - situasi yang menggambarkan kebutuhan pelanggan dan cara produk memenuhi kebutuhan.Melacak pergerakan pelanggan - untuk mempelajari tentang pelanggan dengan mengamati perilaku mereka alih-alih dengan mengajukan pertanyaan kepada mereka (menggunakan cookie, bug web, dan spyware - masalah privasi; slide berikutnya)
Catatan aktivitas pengguna di situs web perusahaan,perilaku clickstreamGerakan pelanggan di InternetBug webTiny file grafis yang tertanam dalam pesan dan di situs Web yang mengirimkan informasi tentang pengguna dan gerakan mereka ke server WebspywareSoftware yang mengumpulkan informasi pengguna melalui Internet koneksi tanpa sepengetahuan penggunaMetode penelitian daring berkisar dari 1-1 komunikasi dengan pelanggan tertentu () hingga grup fokus dimoderasi yang dilakukan di ruang obrolan hingga kuesioner.Menurut survei oleh GIT, lebih dari 40% informasi yang diberikan orang pada kuesioner semacam itu tidak benar.Oleh karena itu, desain kuesioner Web yang tepat dan insentif untuk penyelesaian yang benar sangat penting untuk validitas hasil.Kelompok fokus online - mungkin mahal dan memperlambatskenario Pelanggan - situasi yang menggambarkan kebutuhan pelanggan dan cara produk memenuhi kebutuhan.Melacak pergerakan pelanggan - untuk mempelajari tentang pelanggan dengan mengamati perilaku mereka alih-alih dengan mengajukan pertanyaan kepada mereka (menggunakan cookie, bug web, dan spyware - masalah privasi; slide berikutnya)
38 Riset Pasar untuk data clickstream EC
Data yang terjadi di dalam lingkungan Web;mereka menyediakan jejak aktivitas pengguna (perilaku clickstream pengguna) dipenyaringan kolaboratifsitus WebSebuah riset pasar dan metode personalisasi yang menggunakan data pelanggan untuk memprediksi, berdasarkan formula yang berasal dari ilmu perilaku, produk atau layanan lain apa yang dapat dinikmati pelanggan ;prediksi dapat diperluas ke pelanggan lain dengan profil serupa
Data yang terjadi di dalam lingkungan Web;mereka menyediakan jejak aktivitas pengguna (perilaku clickstream pengguna) dipenyaringan kolaboratifsitus WebSebuah riset pasar dan metode personalisasi yang menggunakan data pelanggan untuk memprediksi, berdasarkan formula yang berasal dari ilmu perilaku, produk atau layanan lain apa yang dapat dinikmati pelanggan ;prediksi dapat diperluas ke pelanggan lain dengan profil serupa
39 Riset Pasar untukKeterbatasanECPenelitian Pasar Online dan Cara MengatasinyaUntuk menggunakan data dengan benar, seseorang perlu mengatur, mengedit, menyingkat, dan meringkasnya, yang mahal dan memakan waktu. Solusi untuk masalah ini adalah mengotomatiskan proses dengan menggunakan pergudangan data dan penambangan data yang dikenal sebagai intelijen bisnis
40 Riset Pasar untuk Pemasaran Biometrik EC
biometrikKarakteristik fisik atau perilaku unik seorang individu yang dapat digunakan untuk mengidentifikasi seseorang secara tepat (misalnya sidik jari)Perilaku Pembeli OrganisasiModel Perilaku Perilaku PembeliOrganisasi Modul pengaruh organisasi ditambahkan ke model B2B
biometrikKarakteristik fisik atau perilaku unik seorang individu yang dapat digunakan untuk mengidentifikasi seseorang secara tepat (misalnya sidik jari)Perilaku Pembeli OrganisasiModel Perilaku Perilaku PembeliOrganisasi Modul pengaruh organisasi ditambahkan ke model B2B
41 Kecerdasan Pelanggan
Pameran (ekstra) Aplikasi CRMPelanggan sistemPelanggan PengalamanPelanggan PelangganPenjualSistem Menyentuh PelangganPengguna LayananMandiriDukunganPelangganManajemenKampanyeE-CommerceIntegrasiSistem Menghadapi PelangganPusatKontakTenagaOtomasiBidangLayananOtomasiIntegrasiPelangganIntegrasi SistemBack Office SistemPenjualPemasokSistem Pemasok
Pameran (ekstra) Aplikasi CRMPelanggan sistemPelanggan PengalamanPelanggan PelangganPenjualSistem Menyentuh PelangganPengguna LayananMandiriDukunganPelangganManajemenKampanyeE-CommerceIntegrasiSistem Menghadapi PelangganPusatKontakTenagaOtomasiBidangLayananOtomasiIntegrasiPelangganIntegrasi SistemBack Office SistemPenjualPemasokSistem Pemasok
42 Aplikasi dan Alat CRM
Analisis dan penambangan dataAplikasi analitik mengotomatiskan pemrosesan dan analisis data CRMdapat digunakan untuk menganalisis kinerja, efisiensi, dan efektivitas aplikasi CRM operasiPenambangan data melibatkan penyaringan melalui sejumlah besar data untuk menemukan pola yang sebelumnya tidak diketahui.data gudang, sedangkan laporan hanya menyajikan informasi itu.Output mereka harus memungkinkan perusahaan untuk meningkatkan aplikasi operasional yang memberikan pengalaman pelanggan untuk mencapai tujuan CRM (perkiraan) akuisisi dan retensi pelanggan.
Analisis dan penambangan dataAplikasi analitik mengotomatiskan pemrosesan dan analisis data CRMdapat digunakan untuk menganalisis kinerja, efisiensi, dan efektivitas aplikasi CRM operasiPenambangan data melibatkan penyaringan melalui sejumlah besar data untuk menemukan pola yang sebelumnya tidak diketahui.data gudang, sedangkan laporan hanya menyajikan informasi itu.Output mereka harus memungkinkan perusahaan untuk meningkatkan aplikasi operasional yang memberikan pengalaman pelanggan untuk mencapai tujuan CRM (perkiraan) akuisisi dan retensi pelanggan.
43 Contoh Penambangan Data Perusahaantelepon menggunakan alat penambangan data untuk menganalisis data warehouse pelanggan mereka.Alat penambangan data menemukan sekitar 10.000 pelanggan perumahan yang menghabiskan lebih dari $ 1.000 per bulan untuk tagihan telepon.Setelah studi lebih lanjut, perusahaan telepon menemukan bahwa mereka benar-benar pemilik usaha kecil yang berusaha menghindari membayar harga bisniscontoh toko grosir di Inggris
44 Contoh Penambangan Data Lainnya
65% pelanggan yang tidak menggunakan kartu kredit dalam enam bulan terakhir adalah 88% cenderung membatalkan akun mereka.Jika usia <30 dan pendapatan <= $ 25.000 dan peringkat kredit <3 dan jumlah kredit> $ 25.000 maka jangka waktu pinjaman minimum adalah 10 tahun.82% pelanggan yang membeli TV baru 27 "atau lebih besar, kemungkinan 90% akan membeli pusat hiburan dalam 4 minggu ke depan.
65% pelanggan yang tidak menggunakan kartu kredit dalam enam bulan terakhir adalah 88% cenderung membatalkan akun mereka.Jika usia <30 dan pendapatan <= $ 25.000 dan peringkat kredit <3 dan jumlah kredit> $ 25.000 maka jangka waktu pinjaman minimum adalah 10 tahun.82% pelanggan yang membeli TV baru 27 "atau lebih besar, kemungkinan 90% akan membeli pusat hiburan dalam 4 minggu ke depan.
45 4.6 Pemasaran Internet dalam B2B
Jumlahperilakupembeli organisasional dari pembeli organisasional jauh lebih kecil daripada jumlahvolume transaksipembeli individuyang jauh lebih besar dalamhal negosiasi dan pembelian yang lebih kompleks.Pemasaran B2B sama sekali berbeda dari pemasaran B2C.Perbedaan utama juga ada antara B2B dan B2C sehubungan dengan sifat permintaan dan penawaran dan proses perdagangan.Organisasi membeli sejumlah besar bahan langsung yang mereka konsumsi atau gunakan dalam produksi barang dan jasa dan dalam operasi perusahaan.Mereka juga membeli bahan tidak langsung (PC, truk pengiriman, dan perlengkapan kantor) untuk mendukung proses produksi dan operasi mereka.
Jumlahperilakupembeli organisasional dari pembeli organisasional jauh lebih kecil daripada jumlahvolume transaksipembeli individuyang jauh lebih besar dalamhal negosiasi dan pembelian yang lebih kompleks.Pemasaran B2B sama sekali berbeda dari pemasaran B2C.Perbedaan utama juga ada antara B2B dan B2C sehubungan dengan sifat permintaan dan penawaran dan proses perdagangan.Organisasi membeli sejumlah besar bahan langsung yang mereka konsumsi atau gunakan dalam produksi barang dan jasa dan dalam operasi perusahaan.Mereka juga membeli bahan tidak langsung (PC, truk pengiriman, dan perlengkapan kantor) untuk mendukung proses produksi dan operasi mereka.
46 Pemasaran Internet dalam B2B (lanjutan)
Metode untuk pemasaran online B2BPelanggan penargetanmenghubungi semua pelanggan yang ditargetkan secara individual ketika mereka merupakan bagian dariiklanlayanan afiliasigrup yang terdefinisidengan baik (Amazon.com)Perantaragrosir elektronikmenjual langsung ke bisnis, tetapi melakukannya secara eksklusif secara onlineTradisional (offline) ) Pemasar B2B menggunakan metode berikut: pameran dagang, iklan di majalah industri, katalog kertas, dan tenaga penjualan yang tidak efektif di dunia digital.Bagaimana B2B akan menjangkau pelanggan potensial di dunia elektronik?Program afiliasi: Afiliasi memasang spanduk vendor lain (Amazon.com atau CDNow) di situs mereka.Perusahaan membayar komisi kecil setiap kali ketika perusahaan afiliasi 'mengarahkan lalu lintas' ke situsnya jika pelanggan melakukan pembelian.
Metode untuk pemasaran online B2BPelanggan penargetanmenghubungi semua pelanggan yang ditargetkan secara individual ketika mereka merupakan bagian dariiklanlayanan afiliasigrup yang terdefinisidengan baik (Amazon.com)Perantaragrosir elektronikmenjual langsung ke bisnis, tetapi melakukannya secara eksklusif secara onlineTradisional (offline) ) Pemasar B2B menggunakan metode berikut: pameran dagang, iklan di majalah industri, katalog kertas, dan tenaga penjualan yang tidak efektif di dunia digital.Bagaimana B2B akan menjangkau pelanggan potensial di dunia elektronik?Program afiliasi: Afiliasi memasang spanduk vendor lain (Amazon.com atau CDNow) di situs mereka.Perusahaan membayar komisi kecil setiap kali ketika perusahaan afiliasi 'mengarahkan lalu lintas' ke situsnya jika pelanggan melakukan pembelian.
47 Pemasaran Internet dalam B2B (lanjutan)
Layanan pemasaran B2B lainnyaDigital Cementmenyediakan portal pemasaran korporat yang membantu perusahaan memasarkan produk mereka kepada pelanggan bisnisNational Systemsmelacak apa yang terjadi dalam industriBusinessTownmenyediakan informasi dan layanan untuk usaha kecil, termasuk perusahaan baru.
Layanan pemasaran B2B lainnyaDigital Cementmenyediakan portal pemasaran korporat yang membantu perusahaan memasarkan produk mereka kepada pelanggan bisnisNational Systemsmelacak apa yang terjadi dalam industriBusinessTownmenyediakan informasi dan layanan untuk usaha kecil, termasuk perusahaan baru.
48 Pemasaran Internet dalam B2B (lanjutan)
Program afiliasiMenempatkan spanduk di situs web vendor lainProgram aliansi konten tempat konten dipertukarkan sehingga semua dapat memperoleh beberapa konten gratisInfomediariesLayanan penambangan data onlinePemasaran afiliasi dapat dengan mudah didefinisikan sebagaipengaturan berdasarkan komisi di mana situs pengarah (afiliasi atau penerbit) menerima komisi penjualan atau arahan oleh pedagang (pengecer)Program Afiliasi: Afiliasi memasang spanduk vendor lain (Amazon.com atau CDNow) di situs mereka.Perusahaan membayar komisi kecil setiap kali ketika perusahaan afiliasi 'mengarahkan lalu lintas' ke situsnya jika pelanggan melakukan pembelian.Manajer pemasaran perlu memahami perilaku belanja pelanggan mereka untuk mengiklankan atau mendekati pelanggan secara optimal di masa depan.Pengecer B2C tradisional: POS -> info pemasaran yang berharga.Lingkungan daring: potensi informasi hanya dapat direalisasikan jika data clickstream dapat dianalisis dan ditambang untuk menghasilkan pengetahuan yang bermanfaat yang dapat digunakan untuk meningkatkan layanan dan upaya pemasaran.Perantara B2C dan B2B seperti itu disebut infomediaries.Rumah sakit mulai dengan memproses informasi yang ada sampai informasi baru dan berguna diekstrak darinya.Tujuan: Vendor B2B menggunakan informasi dari infomediareis untuk mengidentifikasi calon pembeli dengan ketepatan yang jauh lebih besar daripada sebelumnya - yang mengarah pada peningkatan penjualan dan penurunan biaya pemasaran secara drastis.
Program afiliasiMenempatkan spanduk di situs web vendor lainProgram aliansi konten tempat konten dipertukarkan sehingga semua dapat memperoleh beberapa konten gratisInfomediariesLayanan penambangan data onlinePemasaran afiliasi dapat dengan mudah didefinisikan sebagaipengaturan berdasarkan komisi di mana situs pengarah (afiliasi atau penerbit) menerima komisi penjualan atau arahan oleh pedagang (pengecer)Program Afiliasi: Afiliasi memasang spanduk vendor lain (Amazon.com atau CDNow) di situs mereka.Perusahaan membayar komisi kecil setiap kali ketika perusahaan afiliasi 'mengarahkan lalu lintas' ke situsnya jika pelanggan melakukan pembelian.Manajer pemasaran perlu memahami perilaku belanja pelanggan mereka untuk mengiklankan atau mendekati pelanggan secara optimal di masa depan.Pengecer B2C tradisional: POS -> info pemasaran yang berharga.Lingkungan daring: potensi informasi hanya dapat direalisasikan jika data clickstream dapat dianalisis dan ditambang untuk menghasilkan pengetahuan yang bermanfaat yang dapat digunakan untuk meningkatkan layanan dan upaya pemasaran.Perantara B2C dan B2B seperti itu disebut infomediaries.Rumah sakit mulai dengan memproses informasi yang ada sampai informasi baru dan berguna diekstrak darinya.Tujuan: Vendor B2B menggunakan informasi dari infomediareis untuk mengidentifikasi calon pembeli dengan ketepatan yang jauh lebih besar daripada sebelumnya - yang mengarah pada peningkatan penjualan dan penurunan biaya pemasaran secara drastis.
49 Pameran 4.9 Model Perilaku Konsumen EC
KarakteristikPribadiKarakteristikLingkunganUsiaJenis KelaminEtnisitasPendidikanGaya HidupPengetahuanPsikologisNilai-nilaiKepribadianSosialBudaya / komunitasLain-lain: hukum, kelembagaan,pemerintahVariabelIndependenPasar StimuliProsesKeputusanKeputusan Pembeli(Kelompok atauIndividu)HargaPromosiMerekPromosiIklanKualitas produkDesainBeli atau tidak?Apa yang harus dibeli?Di mana (vendor)?Kapan?Berapa banyak yang dibelanjakan?VariabelIntervening(dikendalikan olehvendor)Sistem ECVariabelDependen(Hasil)DukunganLogistikDukunganTeknisLayananPelangganPembayaranPengirimandesaindan kontenwebAgencerdasKeamanan
KarakteristikPribadiKarakteristikLingkunganUsiaJenis KelaminEtnisitasPendidikanGaya HidupPengetahuanPsikologisNilai-nilaiKepribadianSosialBudaya / komunitasLain-lain: hukum, kelembagaan,pemerintahVariabelIndependenPasar StimuliProsesKeputusanKeputusan Pembeli(Kelompok atauIndividu)HargaPromosiMerekPromosiIklanKualitas produkDesainBeli atau tidak?Apa yang harus dibeli?Di mana (vendor)?Kapan?Berapa banyak yang dibelanjakan?VariabelIntervening(dikendalikan olehvendor)Sistem ECVariabelDependen(Hasil)DukunganLogistikDukunganTeknisLayananPelangganPembayaranPengirimandesaindan kontenwebAgencerdasKeamanan
50 4.7 Web Advertising pemasaran interaktif
Pemasaran online, difasilitasi oleh Internet, dimana pemasar dan pengiklan dapat berinteraksi langsung dengan pelanggan dan konsumen dapat berinteraksi dengan pengiklan / vendor
Pemasaran online, difasilitasi oleh Internet, dimana pemasar dan pengiklan dapat berinteraksi langsung dengan pelanggan dan konsumen dapat berinteraksi dengan pengiklan / vendor
51 Iklan Web
52 Web Advertising Beberapa tampilan iklan Istilah Internet Advertising
Frekuensi pengguna memanggil halaman yang memiliki spanduk di atasnya selama periode tertentu;dikenal sebagai tayangan ataukliktampilan halaman(klik-tayang atau klik iklan)Suatu penghitungan yang dilakukan setiap kali pengunjung mengklik spanduk iklan untuk mengaksesCPMsitus Web pengiklan(biaya per seribu tayangan)Biaya yang dibayarkan pengiklan untuk setiap 1.000 kali Halaman dengan iklan banner ditampilkan
Frekuensi pengguna memanggil halaman yang memiliki spanduk di atasnya selama periode tertentu;dikenal sebagai tayangan ataukliktampilan halaman(klik-tayang atau klik iklan)Suatu penghitungan yang dilakukan setiap kali pengunjung mengklik spanduk iklan untuk mengaksesCPMsitus Web pengiklan(biaya per seribu tayangan)Biaya yang dibayarkan pengiklan untuk setiap 1.000 kali Halaman dengan iklan banner ditampilkan
53 Tingkat konversi Iklan Web
Persentase clickers yang benar-benar melakukan pembelian denganrasio klik-tayang (atau rasio)Persentase pengunjung yang terpapar iklan banner dan klik padarasio click-throughRasio antara jumlah klik pada iklan banner dan jumlah sering dilihat oleh pemirsa;mengukur keberhasilan spanduk dalam menarik pengunjung untuk mengklik iklan
Persentase clickers yang benar-benar melakukan pembelian denganrasio klik-tayang (atau rasio)Persentase pengunjung yang terpapar iklan banner dan klik padarasio click-throughRasio antara jumlah klik pada iklan banner dan jumlah sering dilihat oleh pemirsa;mengukur keberhasilan spanduk dalam menarik pengunjung untuk mengklik iklan
54 Iklan Web hit Permintaan untuk data dari halaman Web atau kunjungan file
Serangkaian permintaan selama satu navigasi situs Web;jeda dengan jangka waktu tertentu berakhir kunjunganunik. Hitungan jumlah pengunjung yang memasuki suatu situs, terlepas dari berapa banyak halaman yang dilihat perlengketkunjungan.Karakteristik yang memengaruhi rata-rata lama waktu pengunjung menginap di sebuah situs.
Serangkaian permintaan selama satu navigasi situs Web;jeda dengan jangka waktu tertentu berakhir kunjunganunik. Hitungan jumlah pengunjung yang memasuki suatu situs, terlepas dari berapa banyak halaman yang dilihat perlengketkunjungan.Karakteristik yang memengaruhi rata-rata lama waktu pengunjung menginap di sebuah situs.
55 Web Advertising Mengapa Periklanan Internet? Penargetan yang tepat
InteraktivitasMedia yang kaya (menarik perhatian)Pengurangan biayaAkuisisi pelangganPersonalisasiKetepatan waktu Basis-lokasiMenghubungkanbranding digital
InteraktivitasMedia yang kaya (menarik perhatian)Pengurangan biayaAkuisisi pelangganPersonalisasiKetepatan waktu Basis-lokasiMenghubungkanbranding digital
56 Jaringan periklanan Iklan Web
Perusahaan khusus yang menawarkan iklan Web khusus, seperti iklan perantara dan penargetan iklan untuk kelompok konsumen tertentu
Perusahaan khusus yang menawarkan iklan Web khusus, seperti iklan perantara dan penargetan iklan untuk kelompok konsumen tertentu
57 4.8 Metode Periklanan Online
spandukPada halaman Web, tampilan iklan grafis yang ditautkan denganspanduk kata kuncihalaman Web pengiklan. Iklanspandukyang muncul ketika kata yang ditentukan ditentukan dari mesin pencari.Spanduk acak.Spanduk. Iklanspandukyang muncul secara acak, bukan sebagai hasil dari tindakan pengguna
spandukPada halaman Web, tampilan iklan grafis yang ditautkan denganspanduk kata kuncihalaman Web pengiklan. Iklanspandukyang muncul ketika kata yang ditentukan ditentukan dari mesin pencari.Spanduk acak.Spanduk. Iklanspandukyang muncul secara acak, bukan sebagai hasil dari tindakan pengguna
58 Metode Periklanan Online
banner swappingKesepakatan antara dua perusahaan untuk masing-masing menampilkan iklan banner masing-masing di situsWebnya pertukaran bannerPasar di mana perusahaan dapat berdagang atau bertukar penempatan iklan banner di situs Web masing-masing
banner swappingKesepakatan antara dua perusahaan untuk masing-masing menampilkan iklan banner masing-masing di situsWebnya pertukaran bannerPasar di mana perusahaan dapat berdagang atau bertukar penempatan iklan banner di situs Web masing-masing
59 Metode Periklanan Online
iklan pop-upSebuah iklan yang muncul di jendela terpisah sebelum, setelah, atau selama berselancar di internet atau saat membacaiklan pop-under.Sebuah iklan yang muncul di bawah jendela browser saat ini, jadi ketika pengguna menutup jendela aktif, iklan tersebut masih menyala theinterstitiallayarSebuah halaman Web awal atau sebagian darinya yang digunakan untuk menangkap perhatian pengguna untuk waktu yang singkat ketika konten lain sedang dimuat
iklan pop-upSebuah iklan yang muncul di jendela terpisah sebelum, setelah, atau selama berselancar di internet atau saat membacaiklan pop-under.Sebuah iklan yang muncul di bawah jendela browser saat ini, jadi ketika pengguna menutup jendela aktif, iklan tersebut masih menyala theinterstitiallayarSebuah halaman Web awal atau sebagian darinya yang digunakan untuk menangkap perhatian pengguna untuk waktu yang singkat ketika konten lain sedang dimuat
60 Metode Periklanan Online
Manajemenperiklanan, metode periklanan, dan keberhasilanIklanMesin PencariSeperti Iklan Baris dan Iklan BarisMeningkatkan peringkat mesin pencari (optimisasi)inklusi mesin pencari berbayar
Manajemenperiklanan, metode periklanan, dan keberhasilanIklanMesin PencariSeperti Iklan Baris dan Iklan BarisMeningkatkan peringkat mesin pencari (optimisasi)inklusi mesin pencari berbayar
61 Metode Periklanan Online
tampilan iklan terkait (tautan teks)Strategi periklanan yang menampilkan iklan banner terkait dengan istilah kunci yang dimasukkan dalam mesin pencariGoogle — Raja periklanan onlineBeriklan di Ruang Obrolan, Blog, dan Jejaring Sosial
tampilan iklan terkait (tautan teks)Strategi periklanan yang menampilkan iklan banner terkait dengan istilah kunci yang dimasukkan dalam mesin pencariGoogle — Raja periklanan onlineBeriklan di Ruang Obrolan, Blog, dan Jejaring Sosial
62 Metode Periklanan Online
Bentuk Lain dari Iklaniklan. Iklan “disamarkan” agar terlihat seperti konten editorial atau informasi umum.Beriklan di buletinMemposting siaran pers onlineadvergaming. Praktek menggunakan game komputer untuk mengiklankan produk, organisasi, atau sudut pandang
Bentuk Lain dari Iklaniklan. Iklan “disamarkan” agar terlihat seperti konten editorial atau informasi umum.Beriklan di buletinMemposting siaran pers onlineadvergaming. Praktek menggunakan game komputer untuk mengiklankan produk, organisasi, atau sudut pandang
63 4.9 Strategi dan Promosi Periklanan Online
pemasaran afiliasiSuatu pengaturan pemasaran di mana suatu organisasi mengarahkan konsumen ke situs Web perusahaan penjual.Dengan pendekatan iklan-sebagai-komoditas, orang-orang dibayar untuk waktu yang dihabiskan untuk melihatpemasaran viral. Pemasarandari mulut ke mulut yang digunakan oleh para pelanggan untuk mempromosikan produk atau layanan dengan memberi tahu orang lain tentang hal itu
pemasaran afiliasiSuatu pengaturan pemasaran di mana suatu organisasi mengarahkan konsumen ke situs Web perusahaan penjual.Dengan pendekatan iklan-sebagai-komoditas, orang-orang dibayar untuk waktu yang dihabiskan untuk melihatpemasaran viral. Pemasarandari mulut ke mulut yang digunakan oleh para pelanggan untuk mempromosikan produk atau layanan dengan memberi tahu orang lain tentang hal itu
64 Strategi dan Promosi Periklanan Online
WebcastingSebuah layanan berita Internet gratis yang menyiarkan berita dan informasi yang dipersonalisasi, termasuk seminar, dalam kategori yang dipilih oleh penggunaAcara Online, Promosi, dan AtraksiAcara WebLangsungAdmediasivendor pihak ketiga yang melakukan promosi, terutama yang berskala besar.Ruang penjualan oleh piksel
WebcastingSebuah layanan berita Internet gratis yang menyiarkan berita dan informasi yang dipersonalisasi, termasuk seminar, dalam kategori yang dipilih oleh penggunaAcara Online, Promosi, dan AtraksiAcara WebLangsungAdmediasivendor pihak ketiga yang melakukan promosi, terutama yang berskala besar.Ruang penjualan oleh piksel
65 Strategi dan Promosi Periklanan Online
66 4.10 Topik Iklan Khusus
IKLAN IZINSpammingMenggunakan untuk mengirim iklan yang tidak diinginkan (kadang-kadang banjir iklan) iklanizin (pemasaran izin) Strategi iklan (pemasaran) di mana pelanggan setuju untuk menerima materi iklan dan pemasaran (dikenal sebagai "opt-in")
IKLAN IZINSpammingMenggunakan untuk mengirim iklan yang tidak diinginkan (kadang-kadang banjir iklan) iklanizin (pemasaran izin) Strategi iklan (pemasaran) di mana pelanggan setuju untuk menerima materi iklan dan pemasaran (dikenal sebagai "opt-in")
67 Topik Iklan Khusus
Beriklan sebagai Model Penghasilan yangMengukur Efektivitas Periklanan OnlineManajemen iklanMetodologi dan perangkat lunak yang memungkinkan organisasi melakukan berbagai kegiatan yang terlibat dalam periklanan Web (misalnya, melacak pemirsa, memutar iklan)
Beriklan sebagai Model Penghasilan yangMengukur Efektivitas Periklanan OnlineManajemen iklanMetodologi dan perangkat lunak yang memungkinkan organisasi melakukan berbagai kegiatan yang terlibat dalam periklanan Web (misalnya, melacak pemirsa, memutar iklan)
68 Topik Iklan Khusus
lokalisasiProses konversi produk media yang dikembangkan dalam satu lingkungan (misalnya, negara) ke bentuk yang dapat diterima secara budaya dan bahasa di negara-negara di luar pasar target asli.Radio Internet. Situs web yang menyediakan musik, bicara, dan hiburan lain, baik yang hidup maupun yang disimpan, dari berbagai stasiun radio
lokalisasiProses konversi produk media yang dikembangkan dalam satu lingkungan (misalnya, negara) ke bentuk yang dapat diterima secara budaya dan bahasa di negara-negara di luar pasar target asli.Radio Internet. Situs web yang menyediakan musik, bicara, dan hiburan lain, baik yang hidup maupun yang disimpan, dari berbagai stasiun radio
70 4.11 Agen Perangkat Lunak dalam Aplikasi Pemasaran dan Periklanan
Kerangka Kerja untuk Mengklasifikasikan Agen ECyang mendukung perlu identifikasi (apa yang harus dibeli)Agen yang mendukung perantara produk (dari siapa membeli)Agen yang mendukung perantara pedagang dan perbandinganAgen yang mendukungagennegosiasi pembeli-penjualyang mendukung pembelian dan pengirimanAgen yang mendukung layanan purna jual dan evaluasi
Kerangka Kerja untuk Mengklasifikasikan Agen ECyang mendukung perlu identifikasi (apa yang harus dibeli)Agen yang mendukung perantara produk (dari siapa membeli)Agen yang mendukung perantara pedagang dan perbandinganAgen yang mendukungagennegosiasi pembeli-penjualyang mendukung pembelian dan pengirimanAgen yang mendukung layanan purna jual dan evaluasi
71 Agen Perangkat Lunak dalam Aplikasi Pemasaran dan Periklanan
Agen Interaktif Animasi Berbasis KarakteravatarKarakter komputer animasi yang menunjukkan gerakan dan perilakusosialmanusia sepertikomputasi.Suatu pendekatan yang bertujuan membuat antarmuka manusia-komputer lebih alamichatterbotsKarakter animasi yang dapat berbicara (mengobrol)
Agen Interaktif Animasi Berbasis KarakteravatarKarakter komputer animasi yang menunjukkan gerakan dan perilakusosialmanusia sepertikomputasi.Suatu pendekatan yang bertujuan membuat antarmuka manusia-komputer lebih alamichatterbotsKarakter animasi yang dapat berbicara (mengobrol)
72 Masalah Manajerial Apakah kita memahami pelanggan kita?
Haruskah kita menggunakan agen cerdas?Siapa yang akan melakukan riset pasar?Apakah pelanggan puas dengan situs Web kami?Bisakah kita menggunakan metode pemasaran B2C dan penelitian di B2B?Bagaimana cara kita memutuskan tempat untuk beriklan?
Haruskah kita menggunakan agen cerdas?Siapa yang akan melakukan riset pasar?Apakah pelanggan puas dengan situs Web kami?Bisakah kita menggunakan metode pemasaran B2C dan penelitian di B2B?Bagaimana cara kita memutuskan tempat untuk beriklan?
73 Masalah ManajerialApa komitmen kami terhadap iklan Web, dan bagaimana kami mengoordinasikan iklan Web dan tradisional?Haruskah kita mengintegrasikan kampanye pemasaran Internet dan non-Internet kita?Masalah etika apa yang harus kita pertimbangkan?Apakah ada metrik yang tersedia untuk memandu pengiklan?Saluran pemasaran / periklanan Internet mana yang akan digunakan?
No comments:
Post a Comment